Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pertolongan Pertama Pada Luka Ringan


Ada beberapa jenis luka yang dapat terjadi pada jaringan kulit yaitu : luka lecet, memar, luka iris serta luka robek. Luka lecet adalah jenis luka yang terjadi apabila permukaan kulit terkelupas akibat gesekan beda keras dan kasar. Contoh luka pada kaki akibat menggunakan sepatu yang sempit. Luka memar dapat terjadi akibat pukulan dari beda tumbul yang mengakibatkan terjadinya kerusakan dibawah jaringan kulit tanpa ada kerusakan yang berarti dipermukaan kulit tersebut. Memar ditandai dengan kulit yang membiru dan membengkak. Luka iris adalah luka yang ditimbulkan dari benda yang memiliki tepi yang tajam. Luka iris ditandai dengan bentuk luka yang memanjang. Luka robek adalah luka terbuka yang ditimbulkan oleh goresan benda yang tidak terlalu tajam. Tepi luka berbentuk garis yang tidak teratur, dan jaringan kulit disekitar luka ikut mengalami kerusakan. Berikut ini akan dijelaskan tindakan pertama pada luka-luka yang disebutkan di atas :

  • Luka lecet

Bersihkan luka dengan air dan obat antiseptik. Tutup luka dengan kasa steril yang kering dan plester atau balut. Jika luka sangat luas, lakukan desinfeksi dan rujuk ke dokter untuk mendapatkan suntikan tetanus bila diperlukan. Balutan luka diganti setiap hari sampai luka sembuh. Luka lecet yang kecil cukup dicuci dan diolesi mercurochrom ada larutan betadine dan bila perlu diplester dengan tensoplast ada sejenisnya.

  • Luka memar

Jaringan kulit yang memar dikompres dengan es atau air dingin dan jika perlu diberikan balutan penekan. Biasanya pembengkakan akibat luka memar ini bisa disusutkan dengan salep Lasonil atau sejenisnya.

  • Luka iris

Luka iris pendek dan dangkal dapat ditolong dengan menggunakan plester berobat (tensoplast) dengan terlebih dahulu luka dibersihkan dengan air dan antiseptik.

  • Luka robek

Luka robek pada umumnya memerlukan jahitan oleh karena itu tindakan pertama adalah melakukan desinfeksi kemudian luka ditutup dengan sofratulle atau kasa steril kemudian dirujuk ke rumah sakit. Balutan diberikan bersifat menekan.





Sumber : Mohamad, Karto. 2008 . Pertolongan Pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.