Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengukur VO2Max dengan Bleep Test

 
www.ptgear.co.uk
VO2Max adalah jumlah oksigen maksimal dalam mililiter, yang dapat digunakan dalam 1 menit per kilogram berat badan .VO2Max merupakan salah satu indikator daya tahan kardiorespirasi atau daya tahan paru jantung. Arti nya semakin besar nilai VO2Max maka daya tahan kardiorespirasi juga akan baik. Daya tahan kardiorespirasi yang baik akan berdampak pada kesehatan yang prima. Ada dua metode untuk mengukur besarnya nilai VO2Max seseorang yaitu menggunakan metode tes dan pengukuran melalui laboratorium dan melalui tes lapangan. Tes laboratorium memiliki nilai akurasi yang tinggi namun untuk melakukan tes ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tidak semua orang memiliki alat tes ini dibandingkan menggunakan tes lapangan. Tes lapangan biasanya menggunakan alat-alat yang sederhana dan mudah dilakukan. Salah satu tes VO2Max yang dapat digunakan dilapangan adalah multistage fitness test atau tes bleep ( bleep test ). Sejak lama Bleep Test sudah sangat populer di kalangan pembinaan olahraga khususnya olahraga prestasi mengingat tes ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan dengan banyak peserta sekaligus tergantung dari tempat pelaksanaan tes sehingga menghemat waktu tes. Berikut hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan bleep test.
1.    Lintasan sepanjang 20 meter
2.    Tipe Recorder / mp3 player
3.    Bleep Test File
4.    Catatan
5.    Normative VO2Max

Langkah pelaksanaan Bleep Test atau Multistage Fitness Test adalah sebagai berikut:
1.    Teste ( yang ditest ) melakukan pemanasan
2.    Buatlah garis A dan B secara pararel dengan jarak 20 meter
3.    Teste berada pada posisi siap pada garis A
4.   Putarlah CD/MP3 multistage fitness test dengan CD/MP3 player kemudian teste mulai tes dengan berlari menuju garis yang bersebrangan dengan posisinya saat itu (garis B)
5. Jika Teste tiba terlebih dahulu pada garis B sebelum bunyi bip maka teste harus menunggu bunyi bip, baru kemudian melanjutkan lari pada garis yang berseberangan
6.    Jika teste gagal mencapai garis setelah bunyi bip, teste masih diberikan kesempatan 2 kali dan pada saat teste gagal mencapai garis untuk yang ke-3 kalinya maka teste dinyatakan selesai tes.
7. Testor ( yang mengukur VO2Max) mencatat jumlah level dan balikan yang dapat dilakukan oleh teste.



Daftar Pustaka
Brian Mackenzie. 101 Performance Evaluation Test. London: Electric World Plc.
http://www.brianmac.co.uk/vo2max.htm
http://www.brianmac.co.uk/beep.htm